Review Aplikasi Spotify (Android)

Dari sekian banyak layanan streaming musik yang beredar di dunia, salah satu yang paling populer dan paling saya tunggu kedatangannya di Indonesia adalah Spotify. Kenapa saya tertarik? Karena saya sudah mulai sadar kalau ternyata 100% lagu di HP saya adalah lagu bajakan dan saya ingin mencoba berhenti dari bajakan. Salah satu solusi yang murah meriah adalah layanan streaming musik.

Spotify.com

Saya sudah mencoba layanan lain seperti Rdio (sekarang tutup) dan Deezer, tapi entah kenapa saya lebih srek dengan Spotify. Sebenarnya sayasudah mencoba Spotify beberapa bulan yang lalu di Windows dan mendadak gak bisa diakses karena “belum tersedia di Indonesia”. Haduh. Untungnya, akhir Maret kemarin ada kabar gembira karena Spotify akhirnya resmi dirilis di Indonesia. Saya yang cukup antusias dengan layanan streaming musik ini pun langsung mencoba aplikasi androidnya sekitar seminggu dan inilah review saya tentang Spotify.

Saat pertama kali dibuka, Spotify langsung menawarkan pilihan untuk login dengan email atau Facebook. Saya pilih Facebook karena lebih gampang gak perlu isi data diri lagi, setelah itu kita langsung menuju halaman utama. Pada halaman ini kita langsung disuguhkan berbagai macam playlist dari Spotify dengan berbagai jenis lagu yang lumayan banyak. User Interface-nya cukup mudah untuk dimengerti dan design cukup keren dengan paduan warna hitam dan hijau. Navigasinya pun mudah karena adanya tab Top Charts, New Releases, Discovers, Genre & Moods, Radio, dan Playlist dari Spotify. Tab-tab ini memudahkan saya untuk mencari lagu yang ingin dimainkan.

     

Mungkin salah satu kekurangan Spotify adalah kurangnya fitur Lyrics. Tidak seperti Joox yang langsung nongol lirik, Spotify harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti MusiXmatch untuk nyanyi bareng. Pilihan kualitas audionya pun kurang jelas, kita hanya diberikan pilihan Automatic, Normal, High, dan Extreme. Selebihnya tidak dijelaskan kalau normal itu berapa bitrate atau apa format streaming-nya.

      

Lagu-lagu yang ditawarkan cukup banyak, dari lawas sampai yang terbaru. Fiturnya pun beragam, terlebih lagi kita bisa buat dan berbagi playlist dengan teman dan memainkannya dengan menggunakan Shuffle Play. Adanya Discover dan Radio memudahkan saya untuk mencari lagu baru yang masih masuk selera. Tab Charts dan New Releases juga bisa melihat lagu yang sedang trend saat ini.

     

Dengan akun gratis kita streaming musik sepuasnya dengan beberapa selipan iklan dan menikmati berbagai fitur tadi. Jika kalian tidak mau terganggu oleh iklan, kalian bisa berlangganan Spotify Premium dengan biaya Rp49.990 yang bisa dibayar melalui kartu kredit, ATM, tunai (lewat Alfamart/Alfamidi dan Lawson), Doku Wallet, dll. Keuntungan Spotify Premium selain tanpa iklan adalah kalian bisa menggunakan Offline Mode yang dapat mengunduh lagu pilihan kalian dan tentunya membantu menghemat kuota internet. Lalu kalian juga bisa memainkan lagu secara bebas, tidak terbatas hanya dengan Shuffle Play.

Player

Jika kalian suka dengar musik, mau berhenti mengunduh lagu bajakan tetapi males beli album satu-persatu, maka Spotify cocok banget dengan kalian. Design dan kemudahan navigasi dari aplikasi ini sangat keren. Benar-benar memudahkan. Meskipun dengan adanya kekurangan seperti kurangnya fitur lirik dan lagu yang hanya bisa diunduh dengan Spotify Premium, tetapi aplikasi ini sangat cocok untuk memulai mencoba lagu ori. Kalau ada tambahan atau koreksi, silahkan komentar di bawah.

Berikut ini adalah salah satu iklan Spotify di Youtube

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s